Rabu, 20 April 2011

Proposal Penelitian Sastra

PROPOSAL
DIMENSI SOSIAL DALAM NOVEL MARYAMAH KARPOV KARYA
ANDREA HIRATA : ASPEK SOSIOLOGI SASTRA
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Akhir
Mata Kuliah Metode Penelitian Sastra dan Pengajarannya
Dosen Pengampu : Drs. Ali Imron Al-Ma’ruf, M. Hum








Disusun Oleh:
YAKUB PRIYONO
A 310080069

PENDIDIKAN BAHASA SASTRA INDONESIA DAN DAERAH
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2011
DIMENSI SOSIAL DALAM NOVEL MARYAMAH KARPOV KARYA
ANDREA HIRATA : ASPEK SOSIOLOGI SASTRA

A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Masalah
Karya sastra merupakan bentuk cerminan atau gambaran kehidupan masyarakat yang kreatif dan produktif dalam menghasilkan sebuah karya. Melalui karya sastra pengarang berusaha mengungkapkan kehidupan masyarakat yang mereka alami atau yang mereka rasakan.
Karya satra lahir karena adanya keinginan dari pengarang untuk mengungkapkan eksistensinya sebagai sebagai manusia yang berisis ide, gagasan, dan pesan tertentu yang diilhami oleh imajinasi dan realitas sosial budaya pengarang serta menggunakan media bahasa sebagai pemyampingnya. Karya sastra merupakan fenomena sosial budaya melibatkan kreativitas manusia. Karya sastra lahir dari pengekspresian endapan pengalaman yang telah ada dalam jiwa pengarang secara mendalam melalui proses imajinasi Nurgihantoro, 2007:57).
Karya sastra lahir dari latar belakang dan dorongan dasar manusia untuk mengungkapkan eksisitensi dirinya. Sebuah karya sastra dipersepsikan sebagai unkapan realitas kehidupan dan konteks penyajinya disusun secara terstruktur, menarik, serta menggunakan media bahasa berupa teks yang disusun melalui refleksi pengalaman dan pengetahuan secara potensial memiliki berbagai macam bentuk representasi kehidupan. Ditinjau dari segi pembacaan karya sastra merupakan bayang-bayang realitas yang dapat menghadirkan gambaran dan refleksi berbagai permasalahan dalam kehidupan nyata.
Dibutuhkannya pemahamannya masyarakat terhadap karya sastra yang dihasilkan pengarang maka penelitian ini menggunakan metode penelitian Sosiologi Sastra. Sosiologi Sastra adalah pemahamannya terhadap karya sastra dapat mempertimbangkan aspek-aspek kemasyarakatannya.
Sosiologi Sastra diterapkan dalam penilian ini karena dari Sosiologi Sastra adalah meningkatkan pemahaman terhadap sastra dalam kaitannya dengan masyarakat, menjelaskan bahwa rekaan tidak berlawanan dengan kenyataan dalam hal ini karya sastra dikonsumsikan secara imajinatif, tetapi kerangka imajinatifnya tidak bisa dipahami di luar kerangka empirisnya dan karya sastra bukan semata-mata merupakan gejala individual tetapi gejala sosial (Ratna, 2003 :11).
Novel merupakan salah satu ragam prosa. Di dalamnya terdapat peristiwa yang dialami oleh tokoh-tokohnya secara sistematis serta latar belakang terstruktur. Novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata marupakan karya sastra yang fenomenal. Novel ini diangkat dari kehidupan nyata.
Ada beberapa alasan yang menjadi dasar dilakukannya penelitian ini. Alasan-alasan tersebut diantaranya yaitu:
1. Novel ini mempunyai gagasan yang menarik untuk dikaji.
2. Dilihat dari segi penceritaannya novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata relevan dengan kondisi masyarakat saat ini yaitu menampilkan tekat anak-anak sekolah yang serba kekurangan demi mencapai cita-citanya.
3. Sepengetahuan penulis novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata belum pernah dianalisis secara khusus dengan pendekatan Sosiologi Sastra terutama yang berhubungan dengan dimensi sosial.
2. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Bagaimanakah struktur yang membangun novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata?
2. Bagaimanakah aspek sosial dalam novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata?

3. Tujuan Penelitian
1. Mendeskripsikan struktur yang membangun novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata.
2. Mendeskripsikan aspek sosial dalam novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata.

4. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat bagi orang lain. Adapun manfaat-manfaat yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah:
1. Manfaat teoritis, diharapkan dapat memberikan sumbangan dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan khususnya dibidang sastra.
2. Manfaat praktis:
a. Penelitian novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata ini dapat menambah referensi penelitian karya sastra dan membuat wawasan kepada pembaca tentang aspek sosial.
b. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa program studi PBSID.
c. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pembaca dalam mengungkapkan makna aspek sosial yang terkandung dalam novel Maryamah Karpov.

B. KAJIAN PUSTAKA
1. Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka berfungsi untuk memberikan pemaparan tentang penelitian dan analisis sebelumnya yang telah dilakukan oleh peneliti. Analisis sebelumnya telah dilakukan oleh Sutri (2009) dalam analisisnya mengemukakan bahwa pendidikan menjadi barang mewah yang harus di perjuangkan dengan segala keterbatasan ditengah-tengah himpitan ekonomi dan kemiskinan, serta dengan semangat dan ketegaran menghadapi permasalahan mengubur keterpurukan yang menghambat para tokoh dalam novel Maryamah Karpov karya Andre Hirata.
Persamaan penelitian ini dengan analisis di atas adalah penggunaan objek penelitian berupa novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata sedangkan perbedaan analisis di atas dengan penelitian ini adalah analisis di atas membahas bahwa pendidikan menjadi barang mewah dan harus diperjuangkan, sedangkan penelitian ini membahas mengenai aspek sosial yang telah merubah anak kampung di daerah Belitung menjadi seorang yang mempunyai kepribadian yang mandiri dan menjadi sarana mencapai cita-cita.

2. Landasan Teori
a. Teori Struktural
pendekatan struktural merupakan tahap awal dalam penelitian sastra. Pendekatan struktural adalah pendekatan yang berorientasi kepada karya sebagai analisis yang ditujukan kepada teks itu sendiri sebagai kesatuan yang tersusun dari bagian-bagian yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Tujuan dari analisis ini adalah untuk memaparkan keterkaitan dan keterjalinan dari berbagai aspek yang secara bersama-sama membentuk wacana. Dalam analisis ini dapat dilihat dari sudut plot,karakter,setting, point of view, tone, dan theme sebagaimana unsure-unsur itu saling berinteraksi.
Sebuah struktur mempunyai tiga sifat yaitu totalitas, transformasi, dan pengaturan diri. Yang dimaksud dengan totalitas yaitu bahwa struktur yang terkandung di dalamnya mencerminkan sistem itu sebagai sistem. Dengan kata lain susunan sebagai kesatuan akan menjadi konsep lengkap dalam dirinya. Transformasi adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada sebuah unsur struktur akan mengakibatkan hubungan antar unsur akan berubah pula. Pengaturan diri yang dimaksud adalah bahwa struktur itudibentuk oleh kaidah-kaidah intrinsik dari hubungan antar unsur akan mengatur sendiri bila ada unsure yang berubah atau hilang. (Piaget, dalam Sangidu, 2004: 16).
Pembatasan masalah novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata hanya pada masalah tema, alur, tokoh, dan latar. Alasannya adalah keempat unsur tersebut sesuai denagn tujuan penelitian dan objek yang dikaji yaitu mengenai aspek sosial, kesenjangan, perekonomian dan kemiskinan. Tema menentukan inti cerita dan novel tersebut, alur untuk mengetahui bagaimana jalan cerita, penokohan digunakan untuk mengetahui bagaimana karakteristik setiap tokoh sebagai landasan untuk menggali data kesenjangan perekonomian dan kemiskinan.
Menurut Nurgiyantoro (2007:36), langkah-langkah dalam menerapkan strukturalisme adalah sebagai berikut:
a. Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik yang membangun karya sastra secara lengkap dan jelas meliputi tema, tokoh, latar, dan alur.
b. Mengkaji unsur-unsur yang telah diidentifikasi, sehingga diketahui bagaimana tema, tokoh dan alur dari sebuah karya sastra.
c. Mendeskripsikan fungsi masing-masing unsur sehingga diketahui tema, tokoh, alur, dan latardari sebuah karya sastra.
d. Menghubungkan masing-masing unsur, sehingga diketahui tema, tokoh, dan alur dalam sebuakh karya sastra.
Stanton mendeskripsikan unsure-unsur pembangun struktur itu terdiri dari tema, alur, tokoh, dan latar. Sedangkan sarana sastra biasanya terdiri atas sudut pandang, gaya bahasa, suasana, dan symbol-simbol. Fungsi dari sarana sastra adalah untuk memadukan fakta sastra dengan tema sehingga makna karya sastra itu dapat dipahami dengan jelas.

C. Metode Penelitian
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif. Menurut Aminudin (dalam Sutri, 2009:31) , bahwa deskriptif kualitatif artinya yang dianalisis bentuk deskripsi, tidak berupa angka atau koefisien tentang hubungan antar variabel. Penelitian kualitataif berisi kutipan-kutipan dari kumpulan data untuk memberikan ilustrasi dan mengisi materi lapangan. Data yang dikumpulkan berupa kosakata, kalimat, dan gambar yang mempunyai arti.
1. Objek Penelitian
Objek penelitian adalah pokok antar topik penelitian sastra. Objek penelitian ini adalah aspek sosiologi sastra dalam novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata. .
2. Data dan Sumber Data
Data adalah semua informasi atau bahan deskriptif yang berupa uraian data, ungkapan pernyataan, kata-kata tertulis, dan perilaku yang diamati. Data tersebut tersebut harus dikumpulkan untuk memberikan jawaban terhadap masalah yang dikaji.
Data dalam penelitian ini adalah kata. Kalimat, dan ungkapan dalam setiap paragraf dalam novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata yang mengandung dimensi sosial terkait dengan kesenjangan sosial.
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data kepustakaan yaitu berupa buku, majalah dll.
3. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik pustaka dan simak serta teknik catat. Teknik pustaka adalah teknik yang menggunakan sumber-sumber tertulis untuk memperoleh data. Teknik simak adalah suatu metode pemerolehan data yang dilakukan dengan cara menyimak suatu penggunaan bahasa.
Teknik simak dan teknik catat berarti peneliti sebagai instrument kunci melakukan penyimakan secara cermat, terarah, dan teliti terhadap sumber data primer sebagai sasaran peneliti yaitu yang berupa teks novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata dalam memperoleh data yang diinginkan. Hasil penyimakan kemudian di catat sebagai sumber data. Dalam data yang dicatat itu disertakan kode sumber datanya untuk mengecek ulang terhadap sumber data ketika diperlukan dalam rangka analisis data.
4. Teknik Validasi Data
Teknik validasi data atau keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data dengan berbagai teknik yang sesuai dan tepat untuk menggali data dalam bagi penelitian. Ketepatan data tersebut tidak hanya tergantung dari ketepatan memiliki sumber data dan teknik pengumpulan datanya, akan tetapi juga diperlukan teknik pengambilan validasi datanya.
Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, yaitu melakukan pembandingan kebenaran antara data yang satu dengan data yang lain. Dengan menggunakan data perbandingan antara sumber data yang satu dengan sumber data yang lain sehingga keabsahan dan kebenaran data akan diuji oleh sumber data yang berbeda.
5. Teknik Analisis Data
Teknik analisis data yang digunakan yang digunakan untuk menganalisis novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata dalam penelitian ini adalah teknik analisis data secra dilektik yang dilakukan dengan menghubungkan unsur-unsur yang ada dalam novel Maryamah Karpov dengan faktor-faktor kemanusiaan yang diintegrasikan ke dalam satu kesatuan wacana.
Adapun langkah-langkah yang dilakukan untuk menganalisis data adalah sebagai berikut:
1. menganalis novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata dengan menggunakan analisis struktural. Analisis struktural dilakukan dengan membaca dan memahami kembali data yang sudah diperoleh, selanjutnya mengelompokkan teks-teks yang terdapat dalam novel Maryamah Karpov yang mengandung unsur tema, alur, dan latar dalam novel.Maryamah Karpov karya Andrea Hirata .
2. analisis novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata dengan tinjauan Sosiologi sastra dilakukan dengan membaca dan memahami kembali data yang diperoleh selanjutnya mengelompokan teks-teks yang mengadung fakta-fakta sosial yang ada dalam novel tersebut.
3. Analisis aspek sosial kesenjangan perekonomian yang difokuskan pada permasalahan dalam novel Maryamah Karpov karya Andrea Hirata dan pandangan dunia Andrea Hirata sebagai pengarang.




DAFTAR PUSTAKA

Damono, Sapardi Djoko. 1979. Sosiologi Sastra Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa departemen Pendidikan dan Pengembangan.
Hirata, Andrea. 2006. Maryamah Karpov. Yogyakarta: Bentang.
Jabrohim (ed).2003. Metodelogi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.
Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Press.
Nurgihantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pradopo, dkk. 2001. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Hanandinata.
Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sangidu. 2004. Penelitian Sastra, Pendekatan, Teori, Metode, Teknik dan Kiat. Yogyakarta: Unit Penerbitan Sastra Asia Barat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada.
Siswantoro. 2005. Metode Penelitian Sastra: Analisis Psikologis. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar